Koneksi

Anda sedang membutuhkan internet.
Sebelum menggunakan jasa Butuh Internet, kami akan menjelaskan bagaimana internet sampai ke tempat anda. Koneksi internet Wireless LAN (wifi) adalah hubungan  antar komputer melalui udara dengan teknologi gelombang radio (RF). Wireless LAN adalah  sistem komunikasi data tanpa kabel yang sangat cocok untuk mobile user. Dengan Wireless LAN (wifi), para pengguna komputer terhubung tanpa kabel (wirelessly) kedalam jaringan.
Perkembangan wireless LAN sangat populer di  berbagai  industri, pemerintahaan dan swasta. Penggunaan Wireless LAN (wifi) merupakan alternatif terbaik berbisnis di era pasar globalsaat ini. Wireless LAN yang ada dipasaran mengikuti standard IEEE 802.11. Saat ini ada 3 varian standard Wireless LAN (wifi), yaitu Wireless LAN (wifi) standard 802.11b atau WIFI (Wireless Fidelity), Wireless LAN (wifi) standard 802.11a (WiFi5) dan Wireless LAN (wifi) standard 802.11g. Ketiga standard Wireless LAN (wifi) tersebut biasa disingkat 802.11a/b/g. Versi wireless LAN 802.11b mempunyai kemampuan transfer data kecepatan tinggi hingga 11 Mbps pada band frekuensi 2,4 GHz. Wireless LAN (wifi) Versi  802.11a, untuk transfer data kecepatan tinggi hingga 54 Mbps pada frekuensi 54 Mbps pada frekuensi 5 GHz. Sedangkan 802.11g berkecepatan 54 Mbps dengan frekuensi 2,4 GHz.

Wireless LAN Di tengah kita
Bisnis saat ini  berjalan dengan metode online. Ini sangat memudahkan, mempersingkat mobilisasi dan pekerja. Karena itu kebutuhan  jaringan  internet sangat pesat, sementara kendala medan dan infrastruktur membuat biaya yang cukup tinggi agar jaringan tersambung dengan baik. Pilihan termurah adalah koneksi wireless.

Butuh internet  sejalan perkembangan teknologi telah membangun dan menyatukan ratusan perusahaan dalam aplikasi teknologi internet dan intranet. Perkembangan  pesat dari internet via Wireless LAN (wifi) memberi keuntungan terhadap pengembangan aplikasi dari wireless LAN (wifi). Saat ini pemamfaatan wireless LAN (wifi) banyak digunakan untuk aplikasi internal perusahaan maupun untuk lokasi publik (Hotspot). Pesatnya   Wireless LAN (wifi),  menunjukkan  keuntungan menggunakan Wireless LAN (wifi) lebih besar dibanding kerugiannya. Survei membuktikan alasan suatu perusahaan/ orang menggunakan Wireless LAN (wifi) adalah faktor mobility dan efensiensi.

Manfaat serta Keuntungan menggunakan Wireless LAN :

  1. Mobilitas Tinggi 

Wireless LAN (wifi) memungkinkan klien untuk untuk mengakses informasi secara real time, dimanapun selama masih dalam jangkauan Wireless LAN (wifi) tersebut.

Wireless LAN (wifi) sangat mendukung untuk aplikasi mobile (bergerak). Dimanapun karyawan berpindah ruangan, selama masih terjangkau sinyal Wireless LAN (wifi), akan tetap tersambung ke jaringan internet/intranet komputer server.

  1. Kemudahan dan Kecepatan Instalasi 

Instalasi Wireless LAN (wifi) sangat mudah dan cepat tanpa harus menarik dan memasang kabel melalui dinding atau atap. Kabel hanya digunakan untuk menghubungkan Wireless LAN (wifi) AP (akses point) ke jaringan (HUB/Switch/router). Sedangkan koneksi dari station (komputer) pelanggan terhubung ke jaringan via Wireless LAN (wifi) radio (wirelessly). Lain Halnya bila menggunakan wired LAN maka tiap station (computer) yang terhubung ke jaringan LAN diperlukan penarikan kabel satu per satu ke HUB/switch.

Topologi ini menjadikan  kecepatan instalasi Wireless LAN (wifi) bila dibandingkan dengan wired LAN (Jaringan komputer LAN dengan menggukakan kabel UTP).

  1. Fleksibel 

Dengan teknologi Wireless LAN (wifi), memungkinkan membangun jaringan pada area yang sulit dijangkau oleh koneksi  kabel data. Untuk daerah yang tidak tersedia infrasruktur kabel, Wireless LAN (wifi) dapat digunakan untuk mengganti-kan teknologi jaringan kabel (leased line). Aplikasi riilnya Wireless LAN (wifi) dapat digunakan untuk menghubungkan lokal area netwotk LAN di antara gedung yang berdekatan (apalikasi LAN to LAN).
Contoh penggunaan Wireless LAN (wifi) yang fleksibel adalah mudah dideteksi bila diperuntukan bagi bagian /departemen yang sering mengalamami rotasi. Dengan Wireless LAN (wifi) apapun perubahan lokasi kerja, perubahan meja tidak terpengaruh. Lain bila menggunakan jaringan kabel komputer atau wired LAN, maka tentunya diperlukan perbaikan perkabelan eksisting.

  1. Biaya rendah

Meskipun biaya investasi awal untuk perangkat keras Wireless LAN (wifi) lebih mahal daripada jaringan komputer atau LAN konvensional, tapi biaya instalasi dan perawatan jaringan wireles LAN (wifi) lebih murah, sehingga secara total dapat menurunkan biaya kepemilikan.

  1. Scalable

Wireless LAN (wifi) bisa jalan di berbagai topologi jaringan, mulai dari jaringan komputer kecil sampai jaringan komputer besar. Sama seperti jaringan kabel komputer biasa, proses implementasi insatalasi Wireless LAN (wifi) dapat dilakukan secara bertahap.

  1. Produktifitas

Dengan dukungan teknologi Wireless LAN (wifi), karyawan dapat selalu tersambung ke internet dalam keadaan mobile, yang membuat karyawan dapat cepat merespon kebutuhan pelanggan dan menyebabkan produktifitas meningkat.

Komponen Wireless LAN (wifi) 

Untuk membentuk jaringan komputer Wireless LAN (wifi), diperlukan sejumlah perangkat Wireless LAN, agar komunikasi antara station dapat dilakukan. Secara umum, komponen Wireless LAN (wifi) terdiri dari :

  1. Access Point (AP)

Pada wireless LAN (wifi), device transceiver disebut sebagai Access Point dan terhubung dengan jaringan komputer (LAN) melalui kabel  (biasanya berupa kabel UTP). Fungsi dari Access Point adalah mengirim dan menerima data, serta berfungsi sebagai buffer data antara  wireless LAN (wifi) dengan wired LAN.

  1. Extension Point

Extension point hanya berfungsi layaknya repeater untuk client di tempat yang lebih jauh.

  1. Antena

Ada beberapa tipe antena yang dapat mendukung dalam implementasi Wireless LAN (wifi). Jenisnya  omni, sektoral serta directional.

Khusus antena directional (anatena grid dan sejenisnya) digunakan untuk koneksi Wireless LAN (wifi) outdoor untuk point to pint.

  1. Wireless LAN (wifi) Card

Wireless LAN (wifi) Card dapat berupa PCMCIA, ISA crad. USB card atau Ethernet Card. Wireless LAN (wifi) Card ini berfungsi sebagai interface antara sistem operasi jaringan client dengan format interface udara ke AP. Pada notebook biasanya sudah terdapat interface wifi atau wireless LAN (wifi), dan juga sering dilengkapi perangkat wireless LAN lain sperti bluetooth dan infrared.

P to P dibandingkan Vsat

Dulu konsumen  yang membuka tambang dan perkebunan  di tengah hutan,  menggunakan Vsat sebagai alat komunikasi utama. Vsat tidak begitu baik untuk komunikasi internet dan data, karena tergantung cuaca. Jika berawan tebal, tidak jarak koneksi akan putus nyambung.

Saat ini, dengan semakin berkembangnya jalur Fiber optik. Banyak perusahaan tambang dan perkebunan mempercayakan jaringan point to point ke lokasi mereka yang jauhnya ratusan kilometer dari pusat pemerintahaan kabupaten atau kotamadya.

Puluhan Teknisi berpengalaman dari Butuh Internet, telah banyak membantu  membangun dan merawat insfrastruktur jaringan tersebut di Kalimantan, Sulawesi, Papua dan Sumatra bagi perusahaan tambang dan perkebunan.

Koneksi point to Point bisa diatur dalam jumlah bandwidht yang akan dikirim ke titik perusahaan di tengah hutan belantara. Isi bandwidht bisa berupa telepon fixed (nomor telepon lokal daerah setempat), Faximile, Internet dan TV.

Setelah infrastruktur dibangun, tim teknisi dari Butuh Internet, juga akan membantu merawat serta menjadi tenaga teknisi untuk berlangsungnya komunikasi sepanjang masa.

Apakah Anda saat ini sedang membutuhkan koneksi jaringan wireless outdoor, wireless lan dan wireless indoor ?Atau anda membutuhkan jasa memperbaiki koneksi wireless anda

Untuk pekerjaan yang profesional, dan bergaransi;  Anda bisa segera menghubungi kami.

Butuh Internet,  menyediakan solusi terbaik untuk jaringan intranet dan internet

Hubungi segera kami:

021. 29628318 (Jam 09- 17.00/Hari kerja)
081288832410 (24 Jam)
085811212875
email; butuh@butuhinternet.com